Senin, 21 Januari 2013

Obyek Wisata Kintamani dan Obyek Wisata Pura Segara Rupek

Obyek Wisata Kintamani
 
objek wisata Kintamani, Bali. Kintamani salah satu objek wisata di bali, yang memiliki udara pegunungan yang sejuk dengan panorama Gunung  dan Danau Batur yang indah. Yang paling pavorit di sini adalah desa Penelokan kecamatan Kintamani, desa ini terletak di tepi Gunung Batur adalah tempat yang paling indah untuk melihat pemandangan Gunung Batur dan danaunya.

Di sini terdapat Gunung berapi kecil, gunung ini masih aktif sampai letusan yang besar terjadi pada tahun 1917, dimana letusan tersebut telah mengambil ribuan nyawa dan menghancurkan ratusan rumah penduduk Desa Batur Tua yang berada di dasar kaldera Batur. Penduduk yang masih tersisa mengungsi ke Desa Batur, pura Ulun Danu yang berada di lembah ginung Batur, juga pindah ke Desa Batur yang sekarang, tapi sampai sekarang pura Ulun Danu batur yang ada di penolokan masih menjadi pusat kegiatan pemujaan penduduk setempat dan Bali.
 English Kintamani:: English version
Penelokan - kintamani

Menempati bagian tengah pegunungan dan dataran tinggi pulau Bali, suhu udara di daerah Kintamani, Bangli ini cukup sejuk bahkan sangat dingin di malam hari untuk wilayah Kintamani. Pada musim-musim tertentu biasanya musim penghujan,  akan disertai turunnya kabut. Kintamani terletak di kabupaten Bangli. Bangliletaknya di tengah-tengah pulau Bali, salah satu kabupaten di Bali yang tidak  punya pesisir pantai, , berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, menyebakan wilayah ini sangat sejuk, tumbuh-tumbuhan, tumbuh subur di sana.

Pesona alamnya yang indah yaitu pemandangan Danau Batur yang merupakan danau terbesar di Bali dan Gunung Batur salah satu Gunung berapi yang masih aktif, yang berdiri di tengah-tengah kaldera membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Bali. Jarak yang ditempuh ke kawasan ini kira-kira 2 jam perjalanan dari Denpasar atau Karangasem ataupun  Lovina. J
 
Untuk bisa mengunjungi objek wisata ini, wisatawan bisa ikut paket full day Kintamani - Ubud Tour yang kami telah susun rute perjalanannya. Atau wisatawan bisa sewa mobil + supir + bbm menentukan sendiri rute objek wisata yang mau dipilih bisa juga setir sendiri kalau sudah tahu rute/ jalan ke objek wisata tersebut.

Danau Batur - Kintamani
 Tour :: Kintamani Bali TourObyek Kintamani

Obyek Wisata Pura Segara Rupek
 
Bali yang selain memiliki objek wisata yang indah seperti dengan pantainya, wisata alam pegunungannya juga sebagai Pulau seribu pura. Salah satunya Pura Segara Rupek, terletak di ujung Barat Pulau Bali, tepatnya di desa Sumberklampok, Kecamatan Grokgak, Buleleng. Jika anda ke lokasi lewat darat, dengan kendaraan bermotor atau mobil,  satu-satunya jalan yang bisa ditempuh dengan melewati jalan menuju ke Pura Prapat Agung kemudian dilanjutkan lagi menempuh perjalanan darat sekitar 5 km menelusuri hutan lindung Taman Nasional Bali Barat (TNBB), jika perjalanan spiritual ini dinikmati, akan terasa sangat mengesankan karena melewati kawasan hutan yang hijau. Sebenarnya dari kawasan pura inilah jarak yang terdekat dengan pulau Jawa, dari sini tampak begitu jelas kawasan Timur pula Jawa yaitu Batu Dodol di Kabupaten Banyuwangi, kelihatan agak jelas kegiatan yang di Banyuwangi seperti mobil yang lalu-lalang.
Secara historis menurut sumber-sumber susastra-babad, kisah pemisahan Bali dengan Jawa dimulai, sehingga Bali menjadi satu pulau yang utuh dan unik. Keberadaan pura Segara Rupek tidak lepas dari perjalanan spiritual Dang Hyang Siddhi Mantra di Bali, pada akhir yoganya beliau dititahkan untuk menggoreskan tongkat beliau tiga kali ke tanah, tepat di daerah paling sempit antara Pulau Jawa dan Bali. Dengan kesaktiannya beliau menggoreskan tongkatnya di daerah ceking geting, dan akibat goresan itu air laut pun terguncang dan daratan Bali pun terpisah dari tanah Jawa yang semula jadi satu. Lautan itu sekarang dinamakan Selat Bali. Dengan begitu, Segara Rupek bisa disebut sebagai titik atau tempat suci untuk memandang jauh ke seberang, baik seberang secara sekala maupun seberang dalam pandangan niskala.
Pura Segara Rupek adalah tempat pemujaan agama Hindhu, sebagai stana Ida Bhatara Hyang Siwa Baruna Geni. Piodalan ataupun pujawali di Pura Segara Rupek, yaitu pada purnama jesta. Pura Segara Rupek sebagai tonggak atas suratan sejarah, dan merupakan tonggak penting sejarah Pulau Bali, maka dipandang perlu mendapat perhatian dari tokoh masyarakat Bali, pimpinan daerah Bali dan tentunya oleh masyarakat luas pemeluk agama Hindhu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar