Senin, 28 Januari 2013

5 Tempat Wisata Gratis di Jakarta

Jakarta - Ada orang yang menghabiskan akhir pekan di luar kota, ada pula yang memilih luar negeri. Padahal, untuk akhir pekan seru Anda tak perlu pergi jauh, Jakarta juga punya banyak destinasi menarik, bahkan gratis!

Jakarta, dengan hiruk pikuk perkotaan dan hilir mudik kendaraan selalu berhasil memancarkan sinarnya hingga ke berbagai daerah. Tak sedikit pula turis yang merasa silau dengan gemilang Jakarta, hingga ingin datang langsung ke Ibukota Indonesia ini.

Mungkin banyak orang yang berpikir, untuk bisa liburan di Jakarta membutuhkan banyak uang. Belum lagi tiket masuk tempat wisata yang kadang agak tinggi. Eits, tapi siapa bilang? Jakarta juga punya banyak destinasi wisata murah loh, malah tidak bayar.

Dikumpulkan detikTravel, Jumat (18/10/2012) berikut adalah 5 destinasi wisata gratis di Jakarta, yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan nanti:

1. Banjir Kanal Timur


Sebenarnya, Banjir Kanal Timur (BKT) bukan sengaja dibangun sebagai tempat wisata. Pada awalnya, BKT dibuat sebagai tempat untuk menanggulangi banjir. Nyatanya, BKT sekarang bukan sekadar tempat penampungan air, tetapi juga menjadi salah satu tempat rekreasi baru, dan cukup ramai dikunjungi pelancong.

BKT terbentang memanjang sejauh 23,5 km mulai dari Kebon Nanas di Jakarta Timur hingga Pantai Marunda di Jakarta Utara. Jika menegok ke arah pinggir BKT, Anda bisa melihat ada banyak pepohonan dan rumput yang ditanam. Tidak hanya itu, jalan beraspal dengan taman kecil sengaja dibuat untuk mempercantik BKT.

Saat akhir pekan tiba, BKT selalu ramai dikunjungi pelancong. Ada yang duduk sambil menikmati semilir angin, ada pula yang mengobrol sambil mencicipi jajanan yang disediakan warung di pinggiran BKT.

Tidak hanya tempat rekreasi, BKT kini menjelma jadi salah satu tempat nongkrong para pedagang. Mulai dari pedagang gerobak, hingga warung-warung kecil yang menjual aksesoris dan ragam makanan tersedia di sini.

Uniknya, para penjual yang menjajakan makanan seperti bakso, mie ayam, sate dan lainnya menyediakan tikar agar pelancong bisa duduk lesehan. Inilah yang membuat BKT menjadi tujuan baru penduduk Jakarta yang ingin liburan. Eits, selain itu, yang membuat BKT semakin ramai adalah karena Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis!

2. Taman Ayodya

Tempat wisata gratis kedua yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan adalah Taman Ayodya di Barito, Jakarta Selatan. Dulunya taman ini masuk dalam kawasan pasar ikan hias yang cukup terkenal di Jakarta. Namun kemudian lahan luas ini disulap menjadi taman rindang di tengah kota, lengkap dengan kolam dan air mancur pada tahun 2009.

Kini, Taman Ayodya menjadi alternatif tujuan wisata warga ibukota, terutama yang ingin mencicip asyiknya akhir pekan, namun tidak ingin keluar biaya banyak. Ya, Taman Ayodya hadir sebagai salah satu destinasi wisata gratis di Jakarta.

Masuk ke dalam, Anda bisa memandangi hijaunya taman sambil duduk santai di bangku yang menghadap taman. Ya, Taman Ayodya memiliki danau seluas 1.500 m2 di bagian tengahnya.

Datanglah pada sore hari, akan ada banyak anak kecil yang berlarian di antara pepohonan rindang yang menghuni Taman Ayodya. Anda pun bisa melihat kecerian mereka sambil duduk di atas gazebo yang tersedia di dalam taman.

3. Museum Art Mon Decor

Siapa sangka kalau sebuah museum keren bisa dimasuki gratis. Adalah Museum Art Mon Decor museum keren di tengah Jakarta, yang tidak memungut biaya apapun bagi pengunjungnya. Museum ini memang belum begitu dikenal banyak orang, padahal Museum Art Mon Decor adalah salah satu gudangnya karya seni lukis.

Tidak seperti museum lain yang umumnya gelap dan menimbulkan kesan angker, Art Mon Decor malah sebaliknya. Dari luar saja, wisatawan langsung dihadapkan dengan bangunan modern khas perkotaan. Masuk ke dalam, Anda langsung melihat ada banyak koleksi lukisan terpampang di sana.

Ya, museum yang berada di Jl Rajawali Selatan Raya No 3 ini memang sengaja dibuat seperti galeri lukisan. Seluruh lantai yang mengisi gedung, diisi dengan karya seniman handal, sebut saja Affandi dan Sunaryo.

Uniknya, museum ini selalu mengganti temanya setiap 3 bulan sekali. Tidak hanya itu, Art Mon Decor juga menggelar pameran lukisan karya maestro terkenal.

4. Taman Proklamator

Jika sedang jalan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, sempatkanlah mampir di Taman Proklamor. Ini adalah salah satu destinasi wisata gratisan yang bisa Anda nikmati di Jakarta.

Datang ke Taman Proklamator, pengunjung seolah dibawa ke masa saat teks proklamasi dibacakan. Ini terasa jelas lewat patung kedua proklamator, Soekarno dan Hatta, yang berdiri tegak di tengah taman dengan lapangan luas di hadapannya.

Tidak hanya itu, di Taman Proklamator, Anda bisa melihat ada tugu yang sengaja dibuat sebagai peringatan 1 tahun Indonesia, Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi namanya. Tugu ini berbentuk obelisk seperti Monas, hanya saja berukuran lebih mini. Pelancong pun bisa dengan mudah menemukannya saat baru tiba di taman.

Waktu paling asyik untuk datang ke Taman Proklamator adalah saat sore hari. Ketika itu matahari bersinar tidak begitu terik, Anda pun bisa nongkrong santai di dalam taman sambil melihat anak-anak yang ramai bermain bola dipelataran taman.

5. Situ Lembang

Selain Taman Proklamator, Jakarta Pusat masih punya destinasi gratis lain yang bisa Anda kunjungi, yaitu Situ Lembang di Menteng. Danau cantik ini memang selalu ramai dikunjungi anak muda, terutama saat akhir pekan tiba.

Berada di Jl Lembang, dekat Taman Surapati, Situ Lembang tampak anggun dikelilingi pepohonan ridang nan teduh. Bunga teratai yang duduk tenang di atas danau pun menambah kesan cantik danau ini.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat liburan ke Situ Lembang, mulai dari memancing, bermain, hingga sekadar duduk-duduk santai. Nah, untuk yang membawa anak-anak, Anda bisa mengajak sang buah hati untuk bermain di ayunan dan wahana motorik yang tersedia.

Seolah memang sengaja disediakan untuk semua umur. Situ Lembang juga menyediakan fasilitas refleksi yang cocok untuk digunakan para orang tua. Ini adalah jalur kecil yang dilengkapi dengan bebatuan kecil yang disusun khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar